Monday, January 9, 2012

SENAM PILATES



Masa kehamilan pasti akan membawa perubahan fisik maupun mental. Perubahan fisik yang terjadi bahkan kadang memberikan ketidaknyaman bagi ibu seperti sakit pada punggung, pegal-pegal pada kaki dan lain sebagainya. Untuk itu, ada baiknya ibu mempersiapkan segala hal yang bisa membantu selama masa hamil serta saat proses melahirkan. Salah satunya adalah dengan melakukan Senam Hamil Metode Pilates (SHMP).
Seiring perkembangan di bidang obstetri, ditemukan suatu program yang memanfaatkan fungsi tubuh secara alami tanpa intervensi obat-obatan yaitu dengan senam hamil. Senam hamil adalah program olah raga ringan dimana latihannya menggabungkan prinsip-prinsip yoga dan senam itu sendiri dilakukan dengan gerakan untuk menimbulkan kelenturan, kekuatan tubuh dan pernapasan.
Senam hamil membuat tubuh menjadi lentur terutama pada otot-otot jalan lahir. Kelenturan otot ini sangat diperlukan karena biasanya saat menghadapi persalinan ibu biasanya dilanda kecemasan dan panik. Keadaan ini membuat otot menjadi tegang.
Saat ini ada program senam hamil dengan Metode Pilates (ditemukan Joseph Pilates), khusus untuk ibu hamil karena banyak perubahan fisik di tiap trimesternya maka gerakan senam ini dimodifikasi sesuai dengan kondisi ibu hamil tiap trimester. Gerakan Senam Hamil Pilates untuk ibu hamil ini dipusatkan pada otot-otot yang berfungsi pada proses persalinan. Melalui berbagai latihan dan penjelasan seputar persalinan diharapkan ibu dapat lebih percaya diri dan tidak cemas menghadapi persalinan. 
dr. Boy Abidin, SpOG mengatakan bahwa, “Gerakan senam Pilates dipusatkan pada otot-otot yang berfungsi pada proses persalinan. Jadi manfaat dari senam prenatl metode Pilates antara lain untuk membantu proses melahirkan, membuat ibu hamil lebih bugar serta mempertahankan bentuk tubuh baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan”.
Definisi
Menurut Wikipedia Pilates adalah suatu metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang.
Pilates adalah suatu metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates pada awal abad ke-20. Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang.
Pilates adalah suatu bentuk olah tubuh yang dilakukan dengan cara mengkombinasikan latihan kelenturan dan kekuatan tubuh, pernapasan dan relaksasi. Senam Pilates mempunyai pola gerakan dasar yang menitikberatkan pada gerakan-gerakan otot panggul dan otot perut. Dalam metode Pilates, gerakan dasar ini sering kali dikenal sebagai "stable core", karena otot panggul dan perut dianggap sebagai otot-otot yang memiliki kestabilan yang paling tinggi.
Selama masa kehamilan, otot-otot perut akan meregang seiring dengan pertumbuhan bayi di dalam rahim. Begitu juga dengan otot bagian panggul, akan tertekan dan meregang serta bergerak ke bawah sampai ke bagian otot panggul bawah seiring dengan perkembangan berat janin di dalam perut. Akibatnya, kita akan mengalami kesulitan dalam melakukan kontraksi terhadap otot-otot ini.
Dan jika otot panggul bagian bawah kita lemah, sering kali ketika batuk atau bersin, kita dapat mengeluarkan sedikit air kencing tanpa disadari. Dan jika otot perut yang lemah, akibatnya akan terjadi nyeri sakit pada bagian panggul ataupun punggung.
Selama masa kehamilan hormon relaxin juga dapat menyebabkan ikatan sendi meregang lebih dari ukuran normal dan jika peregangan otot sendi terjadi secara berlebihan dapat menyebabkan luka pada tubuh.
Keuntungan dari Senam Pilates
a         Membantu proses kelahiran dengan cara menguatkan otot yang terkait.
b        Membantu meningkatkan stamina.
c         Membentuk dan mempertahakan postur tubuh agar tulang belakang terhindar dari sakit.
d        Mencapai relaksasi untuk mendapatkan pola tidur yang baik serta meningkatkan energy
a         Melancarkan sirkulasi darah dan mencegah kram serta varies di kaki.
b        Melatih pernafasan (salah satu hal yang harus di kuasi ibu hamil).
c         Membantu proses pemulihan paksa persalinan lebih cepat.