Cara Mudah Melakukan Senam Kegel



Cara Mudah Melakukan Senam Kegel



Senam kegel merupakan senam menguatkan otot-otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum. Senam kegel dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Bisa dilakukan oleh pria atau wanita, saat hamil, setelah melahirkan, serta ibu-ibu rumah tangga agar semakin romantis dengan suami.
Dulu senam kegel sempat populer dengan arahan jepit-lepas, kontrak-rilis. Jepit berarti menahan otot panggul, sedangkan lepas berarti melepaskan seteah beberapa detik menahan otot tersebut.


Cara Melakukan Senam Kegel

Sebelum memulai senam kegel, Anda harus mengetahui dengan benar otot mana yang dilatih untuk ditahan dan dilepaskan. Untuk memastikannya, cobalah hentikan aliran urin ketika Anda sedang buang air kecil atau berkemih. Jika Anda berhasil melakukannya maka Anda sudah menguasai gerakan dasarnya.

Anda dapat melakukan gerakan mengerutkan otot selama 5 detik, kemudian mengendurkannya selama 5 detik. Ulangi gerakan tersebut 4-5 kali. Untuk tahapan lanjutan, Anda dapat meningkatkan menahan otot selama 10 detik, dan melepaskannya juga selama 10 detik.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya Anda tetap fokus pada otot panggul saja. Jangan jangan menegangkan otot-otot di daerah perut, paha dan lainnya.


Waktu Terbaik Melakukan Senam Kegel
Anda dapat melakukan senam kegel kapan saja dan dimana saja. Tidak harus pada ruangan tertentu, bahkan saat naik mobil Anda masih bisa melakukan senam kegel. Setidaknya lakukan 3 set latihan setiap hari dengan pengulangan hingga 10 kali pada setiap set.





MANFAAT SENAM KEGEL

Alasannya senam ini memiliki banyak manfaat baik bagi pria maupun wanita. Senam kegel merupakan senam yang diperuntukkan untuk memperkuat otot panggul. Senam kegel pertama kali dicetuskan oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1945. Pada awalnya senam ini diperuntukkan bagi wanita yang susah untuk menahan air kencing. Namun seiring berjalannya waktu senam kegel bermanfaat untuk kesehatan seksual seseorang.
Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rajin melakukan senam kegel, diantaranya adalah:
1.     Dapat mencegah mengompol saat Anda batuk maupun bersin.
2.    Dapat mencegah timbulnya wasir atau mengompol yang sering dialami ibu hamil.
3.    Dapat mengondisikan otot-otot di sekitar panggul lebih mudah menjalankan fungsinya saat melahirkan lewat persalinan normal.
4.    Dapat membuat hubungan suami istri lebih harmonis.
5.    Dapat mencegah terjadinya inkontinensi urin, yaitu sulit mengontrol buang air kecil seiring dengan bertambahnya usia.

Manfaat senam kegel lainnya yakni untuk melatih otot PC atau Pubococcygeus. Senam kegel saat ini ditujukan untuk memperkuat dalam kualitas hubungan intim seseorang. Bagi pria, senam kegel dapat bermanfaat untuk mengontrol terjadinya gangguan ejakulasi dini. Bila sudah sangat ahli manfaat yang bisa dirasakan konon bagi pria adalah dapat merasakan klimaks yang berulang-ulang. Sedangkan bagi wanita, senam kegel akan berfungsi menguatkan otot panggul dan sekitar kelamin. Yang dapat membantu wanita untuk lebih peka terhadap rangsangan. Terlebih lagi jika setelah melahirkan, senam kegel bermanfaat untuk mengencangkan kembali organ intim wanita ke bentuk semula.












Comments

  1. Senam kegel memang woke. Senam kegel luar biasa Mengendalikan nafsu seks dan buat pasutri semakin langgeng. Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH SOAP ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU BERSALIN

PROSEDUR KLINIK : PEMERIKSAAN URINE IBU HAMIL ( GLUKOSA URINE & PROTEIN URINE )

PERENCANAAN KESEHATAN (HEALTH PLANNING)