Friday, September 5, 2014

Pengertian Penyakit Adalah



Pengertian Penyakit
Pengertian  penyakit/disease adalah suatu bentuk reaksi biologis terhadap suatu organisme,benda asing atau luka(injury) . Hal ini adalah suatu fenomena yang objektif yang di tandai oleh perubahan fungsi-fungsi tubuh. Sedangkan sakit/illnes adalah penilaian seseorang terhadap penyakit sehubungan dengan pengakaman yang langsung dialaminya. Hal ini merupakan fenomena subjektif yang ditandai dengan perasaan tidak enak(feeling unwell)  . Akan tetapi ada suatu konsep dari suatu masyarakat yaitu bahwa sehat adalah orang yang dapat bekerja atau menjalankan pekerjaan sehari-harinya sedangkan dimana seseorang yang sudah tidak dapat bangkit dari tempat tidur, tidak dapat menjalankan pekerjaanya sehari-hari dinamakan sakit.
Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter. (Wikipedia)



No comments:

Post a Comment

Ilmu Kesehatan Masyarakat ( Public Health )

Bagi sebagian orang mungkin banyak yang sudah tidak asing lagi mendengar kata "IKM" atau Ilmu Kesehatan Masyarakat, namun ...