Friday, September 19, 2014

KOMUNIKASI, HAK PASIEN,DAN DUKUNGAN EMOSIONAL




Kehamilan merupakan saat yang menyenangkan dan dinanti-nantikan,akan tetapi juga dapat menjadi saat kegelisahan dan keprihatinan. Pembicaraan secara efektif kepada ibu dan keluarganya dapat membantu membangun kepercayaan kepada petugas kesehatan.

Soadara/sodari YTH.... setiap mengunjungi Blog ini Jangan Lupa ya nge-Klik Iklan nya.....


Terima kasih :)

KOMUNIKASI
Komunikasi yang baik akan sangat membantu terbinanya hubungan antarmanusia yang  serasi di antara pasien dengan penolong. Keserasian hubungan pasien-penolong, sangat diperlukan dalam memperoleh rasa saling percaya. Informasi yang diperoleh penting untuk membantu menentukan diagnosis, menjalankan proses, dan melakukan evaluasi hasil pengobatan.
Tingkat kesabaran yang tinggi dan teknik berkomunikasi yang efektif merupakan syarat yang harus dimiliki oleh penolong atau petugas kesehatan dalam menghadapi orang yang sedang sakit. Selain mengalami gangguan fisik, pasien juga akan mengalami gangguan psikis atau ketegangan jiwa sehingga sebagian besar  dari  mereka akan sulit melakukan komunikasi secara baik. Empati, perhatian, dan perilaku  positif penolong, dapat meringankan beban psikis pasien selama proses komunikasi berlangsung.
Komunikasi  juga  merupakan salah satu bentuk kewajiban penolong terhadap hak pasien untuk memperoleh informasi  objektif dan lengkap tentang apa yang sedang dialaminya. Upaya yang akan atau sedang dilakukan oleh penolong, dan hasil tindakan/pengobatan yang telah diberikan. Oleh sebab itu, komunikasi harus selalu dilangsungkan dalam berbagai tahap, yaitu:
-          - Sebelum pengobatan dilakukan
-         -   Selama prosedur klinik
-          - Setelah tindakan atau pengobatan.

       DAFTAR PUSTAKA

     Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, 2002.
 



No comments:

Post a Comment

Ilmu Kesehatan Masyarakat ( Public Health )

Bagi sebagian orang mungkin banyak yang sudah tidak asing lagi mendengar kata "IKM" atau Ilmu Kesehatan Masyarakat, namun ...