Thursday, June 11, 2015

CARA MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

CARA MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH


1. Selalu sedia buah-buahan dan sayuran 
Kamu sudah tahu bukan kalau mengkonsumsi junkfood tidak baik untuk kesehatan? Jika iya sarapan pagi dengan buah-buahan san sayuran juga tidak terlalu ribet untuk menyiapkan. Selain sehat juga tidak membuat tubuh kau gampang sakit. 
Makanan yang paling baik dan menyehatkan tubuh adalah buah-buahan dan sayuran segar. Sediakan selalu buah-buahan dan sayuran segar di rumah sehingga dapat kamu konsumsi setiap hari. Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksida yang penting yang melindungi tubuh terhadap penyakit. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memperoleh manfaat terbaiknya aalah dengan mengkonsumsi secara mentah atau dengan memasaknya dalam waktu yang tidak lama.


2. Coklat
Selain dapat menenangkan pikiran ternyata coklat adalah salah satu makanan penambah kekebalan tubuh karena coklat merupakan antioksidan konsentrat. Coklat ini akan menjadi sehat asalkan tetap menjaga kadar gulanya dalam taraf minimum, seperti coklat pahit dan bubuk coklat dapat bekerja untuk meningkatkan imunitas. 
Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat dapat mengurangi resiko sakit jantung, membantu menjaga tingkat kolesterol, dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes. Penyajiaan paling sederhana: Secangkir coklat, dengan susu rendah lemak dan gula kadar rendah. Saat kamu mulai merasa tidak anak badan atau merasa lelah segerah mengkonsum coklat hangat agar kamu merasa segar kembali.


3. Banyak minum air
Tubuh kita 70% terdiri atas air sehingga jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Dengan banyak minum air, akan membantu tubuh untuk membuang toxin yang ada di dalam tubuh. Kekurangan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain, dan cepat stres.Ketika kamu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu tentu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berabagai bakteri dan virus. Jadi saat kamu beraktifitas keluar ruangan jangan lupa untuk selalu membawa air putih dalam botol ya sobat, sehingga ketika kamu merasa haus kamu langsung bisa minum air. 
Jadikan kebiasaan membawa air putih ini menjadi kewajiban untuk kamu lakukan, saat sedng dirumah pun selalu sediakan air putih di di dekat meja belajar ataupun meja kerja kamu sehingga kebutuhan cairan tubuh akan selalu saat terjaga. Biasanya kita kan merasa malas mengambil minum ketika kita sedang fokus nah menyiapkan minum di dekat meja belajar atau kerj menjadi solusi yang paling baik. Tidak mau rugi kan kalau pada kesempatan yang penting kammu malah sakit.


4. Lemon
Dengan mengkosumsi lemon maka daya tahan tubuh juga akan meningkat dengan cepat dan juga mempercepat penyembuhan jika kamu sakit. Bagi kamu yang mempunyai asam lambung, kamu dapat mengkonsumsi lemon dengan dicampur  air hangat. Selain vitamin C manfaat lain dari lemon adalah  sebagai detoksifikasi alami
Kenapa lemon? Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari lemon ini salah satunya karena lemon banyak mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh melawan berbagai macam bakteri berbahaya dan virus. 
Jus lemon dapat meningkatkan tingkat buang air kecil dalam tubuh sehingga secara tidak langsung dapat membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh melalui urin. Membiasakan minum air hangat dan lemon di pagi hari juga dapt membantu proses pencernaan.

  
5. Bayam
Bayam berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bayam mengandung folat yang tinggi yang dapat mencegah kerusakan DNA dan pembuluh darah sehingga kekebalan tubuh juga akan terjaga. Bayam juga dikenal sebagai makanan super karena kaya nutrisis. Karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh kamu memproduksi sel baru. 
Bayam juga mengandung serat, antiokidan, vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling anyak didapat saat bayam dimakan mentah atau dimasak sebentar karena memasak bayam yang terlalu matang akan membuat kamu kehilangan berbagai macam manfaatnya.


6. Bawang putih
 Bawang putih ternyata mengandung sejumlah antioksidan yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh yang dengan cepat membunuh virus penyebab flu. 
Bawang putih juga mengandung allicin, yang berperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Bawang putih ini nantinya akan sangat berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman penyakit. Kalaupun kamu tidak mampu menelan mentah kamu dapat mencampurkan ketika membuat mie instan atau di sup. Setelah kamu makan pasti gejala flu kamu atau demam akan bekurang.


7. Brokoli
Brokoli yang berwarna hijau segar akan membuat tubuh kamu segar juga. Brokoli ini mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan dasar tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Diambah lagi nutrisi yang ada di dalamnya akan melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel. Vitamin A, vitamin C, dan glutathione juga banyak terdapat di dalam brokoli.

  
8. Ikan
Negara kita ada banyak sekali perairan seperti laut dan danau. Dan di sana terdapat banyak sekali ikan. Apa kamu tahu ikan yang kamu konsumsi seperti salmon, tuna dan mackerel mengandung Omega-3 asam lemak? kandungan ini  berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga kebugaran. 
Untuk itu disarankan untuk makan ikan seperti salmon setidaknya dua kali seminggu, selain untuk menjaga daya tahan tubuh, kandungan penting yang ada di dalam ikan  berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan infeksi. 


9. Jahe
Sudah sejak dahulu kala jahe dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dapat menghangatkan badan selain itu jahe juga sangat berguna untuk sistem kekebalan tubuh kita serta menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Secara umum jahe berfungsi sebagai alat pembersih dalam tubuh, seperti pemicu produksi lendir untuk membersihkan saluran paru dan pernafasan. Saat lelah konsumsilah jahe dengan diseduh pake air hangat maka tubuh kamu akan hangat dan terbebas dari lelah.


10. Semangka 
Meski kandungannya tidak sebanyak vitamin C didalam buah jeruk, namun vitamin C dalam buah semangka cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh manusia selain itu juga untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Buah semangka mengandung antioksidan dengan jumlah yang sangat tinggi yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan yang dikandung oleh buah semangka adalah karotenoid.Semangka adalah buah yang dagingnya berwarna merah, dan mengandung banyak air juga memiliki kandunngan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Glutathione dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi. Buat semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah semangka mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


11. Madu
Madu mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Rasanya yang manis juga sering dicampurkan ke dalam makanan atau minuman sebagai pemanis. Manfaat madu selain sebagai antibiotik juga berfungsi sebagai antiseptik. Madu sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selain kandungan yang terdapat didalam madu yang sangat beragam, Madu juga dapat mengatasi alergi, asma, dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. 
Mengkonsumsi madu setiap hari dapat menjaga dan meningkatka daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit. Jika kamu sehat maka aktifitas juga akan menyenangkan.

  
12. Kacang tanah
Kacang tanah adalah cemilan yang paling sehat untuk nemani kesibukan kamu. Selain rasanya yang gurih kacang tanah juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. 
Kacang sudah lama diandalkan para vegetarian untuk menggantikan daging yang kaya protein. Kacang tanah merupakan jenis kacang yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai olahan kue, makanan ataupun sayuran.
Ternyata khasiatnya bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh karena juga mengandung antioksidan. Bahan makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan hebat, seperti omega 3, vitamin E, dan zick. Studi menunjukkan memakan kacang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis. Kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. 
Selain itu kacang tanah juga kaya dengan lemak, mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium yang sangat berguna untuk tubuh. Sehingga kacang tanah dikatakan dapat meningkatkan ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit.


13. Buah berry
Strowberry dan blueberry vitamin C dan bioflavonoid yang terkandung dalam buah berry tersebut sangat baik untuk antioksidan karena dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel dalam tubuh.


14. Yoghurt
Fungsi lain dari yogurt adalah meningkatkan jumlah sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi. Alhasil, orang yang mengkonsumsi yogurt secara teratur cenderung memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih tinggi. Intinya, yoghurt dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu terhadap berbagai serangan penyakit seperti demam, iritasi usus, dll. 
Minum yogurt secara rutin agar tubuh selalu terjaga. Yogurt adalah minuman olahan hasil fermentasi susu ini mengandung lactobacillus yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh melawan kanker dan infeksi. Rasanya yang sedikit asam sangat segar diminum dalam keadaan dingin.
Probiotik atau strain hidup juga ditemukan dalam yogurt, yaitu bakteri baik yang bermanfaat untuk menjaga usus dan saluran usus bebas dari kuman penyebab penyakit. Sebuah penelitian dari University of Vienna di Austria menemukan bahwa 7 ons yoghurt akan meningkatkan imunitas sama efektifnya dengan suplemen.


15. Hindari stress
Stres ini dapat merusak sistem imun alami tubuh yang dirancang untuk melindung tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Untuk menghindari stres ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan seperti olahraga ringan. Misal kamu bisa bersepeda liling kompleks atau berjalan santai di taman atau tepi sawah. Aktifitas yang kamu lakkan itu akan membuat tubuh kamu rileks dan dapat menurunkan tekanan darah serta dapat menghilangkan stres.
Cuaca yang panas dan jalanan macet tentu akan mmebuat kita stres. Stres ini juga akan membahayakan bagi ksehatan. Ketika sedang stres maka otak akan meicu pelepasan hormon adreanalin dan kortisol. Adrenalin dapat meningkata denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol dapat menaikkan gula darah. 


16. Tidur cukup
Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisikpun akan lebih rentan  tertular penyakit. Saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tidur juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu karena hormon kortisol yang dikeluar saat tidur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.  
Banyak beranggapan bahwa tidur 7-8 jam akan membuang waktu yang produktif sehingga banyak pekerja atau mahasiswa nglembur nyampek pagi dan hanya tidur beberapa saat sebelum kembali beraktifitas. Namun tanpa disadari bahwa kebiasaan tersebut sangat merugikan fisik dan mental. 


 17. Konsumsi banyak protein
Protein penting untuk tubuh, karena fungsi protein sebagai zat pembangun dalam tubuh. Kekurangan protein tentu akan membuat tubuh kita menjadi tidak stabil jika sudah begitu pasti tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang timbul akibat kekurangan protein antara lain rambut rontok, perubahan warna kulit, luka lama sembuhnya, terkena masalah pencernaan, kurang cairan, terjadi kerusakan pada liver dan penurunan daya tahan tubuh. Makanan apa saja yang menjadi sumber protein agar tubuh tidak kekurangan protein? 
Kamu bisa mengkonsumsi, kacang-kacangan, telur, kubis dan susu meruapkan salah satu sumber protein yang baik karena asam amino yang terdapat dalam protein dapat membantu membentuk sel-sel yang berperan dalam daya tahan tubuh.


18. Berolahraga
 Melakukan olahraga rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jika daya tahan tubuh kita bagus maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak juga akan lancar sehingga otak juga akan bekerja lebih maksimal.
Olahraga cukup agar tubuh sehat. Kalimat itu tentu bakan hanya kata-kata belaka. Karena dengan berolah raga akan membuat metabolisme dalam tubuh tinggi. Saat keringat bercucuran maka akan banyak racun tubuh yang dilepas. Selai itu olahraga juga akan membuat tubuh segar dan bugar. 


19. Hirup udara terbuka
Sesekali atau sekali dalam seminggu ada baiknya kamu menyegarkan diri di tempat-tempat yang sejuk seperti pegunungan, taman atau tempat yang masih rimbun dengan pohon-pohon hijau untuk menghilangkan stres setelah sepekan penuh dengan rutinitas yang membuat stres. Berolahrag di ruang terbuka juga salah satu hal yang membuat kamu memperoleh umur panjang.
Jika kamu sudah merasakan penat dan sesak segeralah mencari udara yang terbuka. Udara yang terbuka memiliki banyak pasokan oksigen yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Udara yang terbuka juga dapat menenangkan pikiran dan setelah tenang kamu dapat lanjut bekerja. 


20.  Jamur 
Jenis jamur yang banyak kita jumpai di pasar adalah jamur tiram. Jamur tiram meiliki warna yang putih bersih dan bisa langsung dimasak. Sekarang sudah banyak yang tahu kalau jamur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jamur merupakan sumber makanan yang kaya vitamin D. 
Studi baru menunjukkan bahwa peningkatan jumlah vitamin D dalam tubuh dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kanker prostat. Kalium dalam jamur juga menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah. Jamur tidak hanya memberikan anti bakteri dalam tubuh, jamur juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu tubuh meningkatkan kadar vitamin B-kompleks, vitamin A dan vitamin C. anti-oksidan melindungi sel-sel dan mencegah kerusakan sel yang mengarah ke penyakit kanker, penuaan dan penyakit lainnya. 
Selain itu Jamur berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu dan hawa dingin bahkan penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis jamur seperti shitake, maitake and reishi, mengandung antribakteri yang dapat berfungsi sebagai anti tumor.











Ilmu Kesehatan Masyarakat ( Public Health )

Bagi sebagian orang mungkin banyak yang sudah tidak asing lagi mendengar kata "IKM" atau Ilmu Kesehatan Masyarakat, namun ...